Jangan Sampai Berlebihan, Simak Tips Berikut Sebelum Mendaftarkan Les Anak

Share:

Usia anak-anak, merupakan masa yang paling tepat untuk menyerap berbagai macam informasi. Tak heran, di masa ini banyak ibu yang menyarankan anak-anaknya untuk mengikuti berbagai macam les tambahan. Meski begitu, jangan sampai lupa dengan waktu bermain untuk anak. Sebelum mendaftarkan les anak, yuk simak tips ini agar les yang diberikan tidak berlebihan.

 

Tips Sebelum Mendaftarkan Si Kecil Untuk Les
1. Tentukan Tujuan Les
Hal paling mendasar yang harus menjadi pertimbangan anda ketika akan mendaftarkan anak untuk mengikuti les tambahan adalah tujuannya. Memang, dengan mengikuti berbagai kursus anak bisa mendapatkan keterampilan tambahan, namun anda tetap harus memastikan tujuan utamanya. Jika anda hanya ingin anak memiliki jadwal yang padat, sebaiknya pikirkan ulang tujuannya.


Les bisa diberikan ketika anak berada di usia yang sudah sesuai, dan juga cocok dengan kebutuhan anak. Ketika anda menemui si kecil mengalami kesulitan dalam belajar atau ingin mengarahkan bakatnya agar lebih terasah, barulah anda menemukan tujuan untuk mendaftarkan les anak. Namun dengan catatan, les tersebut benar-benar diinginkan oleh si kecil.


2. Pelajari Karakter Si Kecil
Mendaftarkan si kecil untuk mengikuti les tambahan, juga bermanfaat untuk mengembangkan karakternya. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika anda bisa memilih les yang sesuai dengan karakternya. Ketika anak cenderung penakut, maka ibu dapat mendaftarkan anak untuk mengikuti les menyanyi atau kesenian lainnya karena dapat membuat anak menjadi lebih berani.


Anda juga bisa menyarankan anak untuk mengikuti sanggar tari maupun teater jika melihat karakter anak yang lebih pemalu. Kegiatan ini dapat membuat si kecil lebih nyaman untuk bekerjasama dengan orang lain. Untuk les akademik, dapat anda pilih jika karakter anak lebih condong ke beberapa mata pelajaran yang disukainya, seperti mendaftarkan les anak untuk bahasa asing.


3. Pertimbangkan Jadwal Les Si Kecil
Menambahkan jam belajar tambahan pada si kecil memang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Tapi jika berlebihan, juga akan mengganggu proses tugas perkembangan lainnya. Sejatinya, anak-anak masih memerlukan waktu untuk bermain dengan bebas, karena dengan bermain mereka secara alami juga dapat menemukan hal-hal yang baru untuk dieksplor dan dipelajari.


Anda dapat mengatur jadwal les yang tidak mengganggu waktu bermain, belajar dan juga istirahatnya. Jika si kecil sekolah hingga siang hari, maka berikanlah jeda waktu si kecil untuk bermain dan beristirahat. Masa yang paling tepat untuk les si kecil adalah setelah istirahat siang hari. Karena, setelah istirahat pikiran anak akan menjadi lebih fresh dan lebih  mudah menerima pelajaran.


4. Pertimbangkan Biaya
Hal terakhir yang harus anda perhatikan ketika akan mendaftarkan les anak adalah biaya. Saat ini, memang banyak tersedia lembaga les atau kursus yang menawarkan berbagai keuntungan. Namun, yang perlu anda ingat bahwa lembaga les dengan biaya yang murah belum tentu tidak memiliki kualitas yang oke, begitupun sebaliknya. Sesuaikan lembaga bimbingan yang sesuai dengan anda.


Anda juga bisa melakukan survei kecil-kecilan terkait dengan lembaga les yang ingin anda pilih. Perhatikan rekomendasi dan testimoni dari orang sekitar terkait lembaga yang akan anda pilih. Kemudian, susunlah anggaran biaya yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan biaya les bulanan si kecil. Jangan sampai, biaya les ini malah membuat beban keuangan keluarga semakin berat.


Tidak ada salahnya untuk memberi les tambahan pada anak. Hal ini, dapat berguna untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan si kecil. Namun, anda juga harus melakukan banyak pertimbangan agar les yang diikuti benar-benar optimal. Selain itu, jangan sampai karena terlalu mengikuti banyak les, anak menjadi kehilangan waktu bermainnya.     

Tidak ada komentar